8 Manfaat Kesehatan dari Buah Ceri

Cerita sekilas

  • Aktivitas antioksidan ceri tart ditemukan lebih unggul daripada vitamin E dan sebanding dengan produk antioksidan yang tersedia secara komersial.
  • Ceri manis mengandung serat, vitamin C, karotenoid, dan anthocyanin, yang masing-masing dapat membantu memainkan peran dalam pencegahan kanker.
  • Buah ceri adalah anti-inflamasi dan dapat membantu menurunkan risiko serangan asam urat dan mengurangi rasa sakit dan peradangan yang terkait dengan osteoarthritis.
  • Mengkonsumsi ceri tart dapat membantu meningkatkan kadar melatonin dan memperbaiki tidur Anda.
  • Mengkonsumsi ceri tart dapat mengaktifkan PPAR (peroksisome proliferator activating receptors) di jaringan tubuh Anda, yang membantu mengatur gen yang terlibat dalam metabolisme lemak dan glukosa.

 

 

Inilah Manfaat Kesehatan dari Buah Ceri

Ceri, yang merupakan anggota dari keluarga buah yang sama seperti buah persik , plum , aprikot, dan almond, sering dianggap sebagai buah “pencuci mulut” untuk digunakan dalam pai, atau mungkin sebagai hiasan untuk koktail (ceri maraschino).

Tetapi ceri memiliki sisi yang sehat juga, buah yang benar-benar menawarkan manfaat terapeutik bagi kesehatan Anda, karena ceri kaya akan antioksidan dan banyak senyawa yang meningkatkan kesehatan.

Ada dua varietas utama ceri yang harus Anda ketahui: manis dan asam (juga dikenal sebagai ceri asam). Ceri manis , seperti ceri Bing, paling baik dimakan segar (dan mentah), sementara ceri asam mengembangkan rasa yang lebih penuh ketika digunakan untuk memasak (itulah sebabnya mereka sering digunakan untuk memanggang).

Ceri tart juga digunakan untuk membuat konsentrat jus yang mungkin menawarkan beberapa manfaat kesehatan yang unik. Beberapa efek kesehatan yang paling penting dari ceri termasuk …

1. Perlindungan Antioksidan

Ceri mengandung antioksidan kuat seperti anthocyanin dan cyanidin. Satu studi menemukan aktivitas antioksidan dari zat-zat ini yang diisolasi dari ceri tart lebih unggul daripada vitamin E dan sebanding dengan produk antioksidan yang tersedia secara komersial.

Ceri manis juga mengandung sedikit quercetin, yang merupakan salah satu yang paling kuat dalam hal aktivitas antioksidan dan berbagai sifat promosi kesehatan lainnya.

2. Senyawa Pencegah Kanker

Ceri manis mengandung serat, vitamin C, karotenoid, dan anthocyanin, yang masing-masing dapat membantu memainkan peran dalam pencegahan kanker. Menurut National Cherry Growers & Industries Foundation:

” Potensi ceri manis dalam pencegahan kanker sebagian besar terletak pada kandungan antosianin, terutama di cyanidin. Ceri manis adalah sumber yang baik dari cyanidins, yang tampaknya bertindak sebagai antioksidan dan dalam peran ini dapat mengurangi risiko kanker …

Sebuah penelitian … menggunakan garis sel kanker manusia menunjukkan penangkapan siklus sel dan apoptosis sel-sel yang bermutasi terkena cherry anthocyanin …

Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa karakteristik penangkapan pertumbuhan sianidin kemungkinan, setidaknya sebagian, menjadi hasil dari efek penghambatan yang signifikan dari komponen ceri ini pada reseptor faktor pertumbuhan epidermal …

Akhirnya, ada bukti yang meyakinkan dari sains dasar bahwa sianidin juga dapat meningkatkan diferensiasi sel dan dengan demikian mengurangi risiko sel-sel sehat untuk berubah menjadi kanker. “

3. Kurangi Peradangan dan Resiko Gout Anda

Dalam sebuah penelitian terhadap lebih dari 600 orang dengan gout, mereka yang hanya makan satu porsi ceri per hari, setara dengan sekitar 10 atau 12 ceri, atau mengkonsumsi ekstrak ceri, memiliki risiko 35 persen lebih rendah dari serangan asam urat. 5 Mereka yang makan lebih banyak ceri, hingga tiga porsi dalam dua hari, memiliki pengurangan risiko 50 persen lebih rendah dan lebih kecil.

Gout terjadi ketika proses metabolisme yang mengontrol jumlah asam urat dalam darah Anda gagal untuk melakukan pekerjaan mereka secara efektif. Kekakuan dan pembengkakan adalah hasil dari kristal pembentuk asam urat berlebih di persendian Anda, dan rasa sakit yang terkait dengan kondisi ini disebabkan oleh respons inflamasi tubuh Anda terhadap kristal. Studi sebelumnya telah menemukan:

  • Makan dua porsi ceri setelah semalam cepat menyebabkan penurunan 15 persen asam urat, dan oksida nitrat rendah dan tingkat protein C-reaktif (yang berhubungan dengan penyakit radang seperti asam urat).
    Para peneliti mencatat bahwa penelitian ini mendukung “khasiat anti-gout terkenal dari ceri” serta “bukti bahwa senyawa dalam ceri dapat menghambat jalur inflamasi.”
  • Mengkonsumsi jus ceri tart setiap hari selama empat minggu dapat menurunkan kadar asam urat Anda

4. Mendukung Tidur Sehat (Melatonin)

Ceri mengandung melatonin alami , yang merupakan antioksidan kuat dan pemulung radikal bebas yang membantu “mendinginkan” peradangan berlebih dan stres oksidatif yang terkait. Ini juga memainkan peran penting dalam tidur dan regenerasi tubuh.

Berdasarkan sinyal lingkungan sehari-hari cahaya dan kegelapan, kelenjar pineal Anda telah berevolusi untuk memproduksi dan mengeluarkan melatonin untuk membantu Anda tidur. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi jus ceri tart tidak hanya membantu meningkatkan tingkat melatonin Anda tetapi juga dapat meningkatkan waktu di tempat tidur, waktu tidur total dan efisiensi tidur. Menurut peneliti:

“… Konsumsi konsentrat jus ceri tart memberikan peningkatan melatonin eksogen yang bermanfaat dalam meningkatkan durasi tidur dan kualitas pada pria dan wanita yang sehat dan mungkin bermanfaat dalam mengelola tidur terganggu.”

5. Arthritis Pain Relief

Ceri mengandung banyak senyawa anti-inflamasi, dan penelitian menunjukkan mereka dapat membantu meringankan rasa sakit dari radang osteoarthritis.

Menurut sebuah penelitian, wanita dengan osteoarthritis yang minum jus ceri tart dua kali sehari selama tiga minggu memiliki pengurangan signifikan dalam penanda peradangan. Mereka juga mengalami pengurangan 20 persen rasa sakit. Para peneliti mencatat bahwa buah ceri memiliki “kandungan anti-inflamasi tertinggi dari makanan apa pun.” 9

6. Kurangi Lemak Perut

Dalam sebuah penelitian pada hewan, tikus yang diberi makan bubuk ceri bersama dengan diet tinggi lemak memperoleh lebih sedikit berat badan dan membangun lebih sedikit lemak tubuh daripada tikus yang tidak diberi ceri asam. Mereka juga memiliki tingkat peradangan dan trigliserida yang lebih rendah, menyarankan peran potensial dalam kesehatan jantung.

7. Mengurangi Nyeri Otot Pasca Latihan

Atlet yang mengonsumsi jus ceri tart sebelum lari jarak jauh mengalami lebih sedikit rasa sakit dibandingkan mereka yang tidak. Diperkirakan bahwa sifat antioksidan dan anti-inflamasi buah ceri dapat memiliki efek perlindungan untuk mengurangi kerusakan otot dan rasa sakit selama latihan berat.

8. Turunkan Risiko Stroke

Mengkonsumsi ceri tart dapat mengaktifkan PPAR (peroksisome proliferator activating receptors) di jaringan tubuh Anda, yang membantu mengatur gen yang terlibat dalam metabolisme lemak dan glukosa. Aktivasi ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, dan penelitian menunjukkan makan ceri dapat memberikan manfaat jantung yang sama dengan obat resep yang disebut agonis PPAR.

Sejarah Singkat Cherry dan Fakta Menarik

Ceri telah dinikmati selama berabad-abad dan dinikmati di Roma kuno, Yunani, dan Cina. Diperkirakan bahwa ceri manis berasal dari Asia dan kemungkinan dibawa ke Eropa oleh burung. Tidak sampai tahun 1600-an ketika koloni Inggris membawa ceri ke Amerika Serikat, di mana mereka sekarang tumbuh di Northwest serta di Michigan. 15 Menariknya, ketika pohon ceri mulai menghasilkan buah setelah mereka berusia sekitar lima tahun, dibutuhkan 10 hingga 15 tahun agar tanaman tersebut mencapai kematangan.

Pada saat itu, satu pohon ceri dapat menghasilkan lebih dari 100 pon buah per musim. 16 Perlu diingat, jika Anda makan ceri untuk nilai terapeutik mereka, 10 ceri manis atau 1 cangkir ceri asam mengandung sekitar 4 gram fruktosa . Penting untuk memperhitungkan hal ini ke dalam konsumsi fruktosa total Anda untuk hari itu, yang saya sarankan untuk tetap di bawah 25 gram.

CategoriesUncategorised