Kenali Berbagai Penyebab Anyang-Anyang Saat Puasa


Anyang-anyangan saat berpuasa menjadi kondisi yang cukup mengganggu. Disuria atau mimpi adalah kondisi medis yang sering terjadi ketika seseorang buang air kecil bolak-balik, tetapi tidak sepenuhnya, disertai dengan rasa sakit atau sensasi terbakar setiap kali buang air kecil. Jika gejala anyang-anyangan saat puasa tidak ditangani dengan baik, dapat mengganggu aktivitas ibadah puasa dan memperparah penyakit yang ada.

Namun, Anda harus terlebih dahulu mengenali penyebab anyang-anyangan saat berpuasa dan kemudian mencari jenis pengobatan yang tepat.

Penyebab anyang-anyang saat puasa

Adapun beberapa faktor penyebab anyang-anyang saat puasa terjadi pada pria atau wanita adalah sebagai berikut.

Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Salah satu penyebab anyang-anyang saat puasa yang paling umum adalah infeksi saluran kemih (ISK). Untuk mengatasinya, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter biasanya akan meresepkan antibiotik.

Penyakit Menular Seksual (PMS)

Penyakit menular seksual dapat menjadi penyebab kecemasan, termasuk saat berpuasa. Secara umum, penyakit menular seksual yang menimbulkan gejala rasa panas dan nyeri saat buang air kecil adalah gonore, trikomoniasis, herpes genital, dan klamidia.

Batu Ginjal

Penyebab sering buang air kecil saat puasa yang harus diwaspadai adalah batu ginjal. Batu ginjal adalah endapan keras yang terbentuk di ginjal. Terkadang batu ginjal terletak di area masuknya urin ke kandung kemih, yang dapat menyebabkan sembelit.

Konsumsi obat-obatan tertentu

Penggunaan obat-obatan tertentu juga bisa menjadi penyebab sering buang air kecil namun tidak tuntas saat berpuasa. Hal ini bisa terjadi karena obat yang digunakan menyebabkan iritasi dan membuat jaringan kandung kemih meradang. Karena itu, jika Anda mengonsumsi obat-obatan tertentu saat berpuasa, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter lalu bermimpilah. Dokter Anda akan menentukan apakah penyebab kecemasan puasa Anda adalah efek samping dari pengobatan.

Jika benar penyebab rasa tidak nyaman saat berpuasa adalah karena penggunaan obat-obatan, maka dokter dapat menghentikan penggunaan obat yang diresepkan dan menggantinya dengan yang lain. Ingat, jangan berhenti minum obat Anda tanpa berbicara dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Penggunaan produk pembersih organ intim mengandung bahan kimia

Penyebab anyang-anyang saat puasa juga bisa berasal dari produk pembersih organ intim yang digunakan secara rutin. Wewangian, pengawet atau bahan dalam produk ini dapat menyebabkan iritasi saluran kemih. Seiring waktu, iritasi dapat menyebabkan buang air kecil yang menyakitkan.