Apakah Benar Bayi Saat Lahir Kepalanya Selalu Lonjong


Saat bayi baru lahir lahir, seringkali ada kemiripan dengan bentuk kepala bayi yang lonjong. Bentuk kepala kerucut ini muncul karena harus melewati vagina saat melahirkan. Namun, karena tengkorak belum sepenuhnya terbentuk, kemungkinan untuk kembali normal tetap ada.

Padahal, wajar saja jika kepala bayi lahir pervaginam terlihat lonjong. Pada tahap akhir persalinan, ukuran rata-rata adalah 10 sentimeter. Sedangkan kepala bayi yang baru lahir umumnya sekitar 35 sentimeter.

Berapa lama kepala memanjang bertahan?

Biasanya kondisi kepala berbentuk kerucut ini hanya berlangsung beberapa hari atau beberapa minggu saja. Padahal, dalam waktu 48 jam bentuk kepala sudah bulat. Jangan khawatir jika bentuk cangkir kerucut bertahan lebih lama. Faktanya, lempeng di tengkorak bayi tidak sepenuhnya menutup sampai mereka mencapai usia remaja.

Cara mengembalikan bentuk kepala bayi

Bagi para orang tua yang ingin kepala lonjong bayinya segera kembali normal, sebenarnya hanya masalah waktu. Kepala akan selesai dalam beberapa minggu.
Namun jika Anda khawatir posisi tidur si kecil akan membuat kepalanya semakin lonjong, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

  • Buatlah posisi tidur bergantian melihat ke kanan dan ke kiri
  • Lepaskan tekanan dari kepala bayi dari gendongan atau tempat duduk dengan memegangnya secara langsung.

Kapan sebaiknya pergi ke dokter?

Jika orang tua mengkhawatirkan bentuk kepala bayi, segera hubungi dokter. Beberapa indikator yang menandakan bendera merah adalah:

Tortikolis kongenital

Mobilitas leher terbatas ditunjukkan dengan melihat kepala (torticollis kongenital). Hal ini terjadi karena otot-otot besar yang menghubungkan kepala dan leher memendek. Kondisi ini dapat terjadi tidak hanya pada bayi baru lahir, tetapi juga pada orang dewasa.

Kraniosinostosis

Cacat genetik langka yang menyebabkan lempeng di tengkorak bayi menyusut (craniosynostosis). Ini terjadi ketika tulang-tulang di tengkorak bayi menyatu terlalu dini, bahkan sebelum otaknya berkembang sepenuhnya.

Plagiocephaly posisional

Flathead syndrome ketika bayi berada dalam posisi berbaring yang sama sejak lahir (positional plagiocephaly). Sangat jarang kondisi ini menyebabkan komplikasi serius. Namun, jika bersifat kongenital, dapat terjadi kelainan bentuk kepala yang parah dan permanen.

sefalohematoma

Terdapat benjolan di atas kepala bayi akibat penyempitan pembuluh darah (cephalohematoma). Ini bisa terjadi ketika pembuluh darah pecah atau terperangkap di antara tengkorak dan kulit kepala saat melahirkan. Ini bukan masalah serius dan tidak mempengaruhi otaknya. Kondisi ini dapat hilang dengan sendirinya setelah beberapa bulan.

Selain itu, jika ada gejala dan keluhan lain yang muncul bersamaan dengan hari-hari awal kehadiran si kecil di dunia, beri tahu dokter. Namun, jika bentuk kepala lonjong hanya terjadi akibat proses melahirkan, jangan khawatir.