Cara Untuk Meningkatkan Rasa Minat Dalam Membaca


Lebih dari sekadar jendela dunia, ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dari membaca buku, termasuk mengurangi stres, mengurangi gejala depresi, meningkatkan kualitas tidur, dan mencegah penurunan kognitif. Namun, rendahnya minat membaca membuat kegiatan ini kurang diminati oleh sebagian orang. Sebagai solusinya, Anda bisa mempelajari beberapa cara di bawah ini untuk meningkatkan minat baca.

Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat baca

Dari rutin pergi ke perpustakaan, membeli buku dengan konten ringan, hingga menyajikan buku dalam segala urusan sehari-hari. Berikut cara mengembangkan minat baca yang bisa Anda coba, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Temui ‘Penulis Terkenal’

Belajar tentang penulis terkenal dianggap sebagai cara yang efektif untuk mengembangkan minat membaca. Dengan mengenalnya, Anda diharapkan semakin penasaran dengan buku-bukunya. Salah satu penulis terkenal yang mungkin bisa menarik perhatian adalah Roald Dahl. Dia adalah seorang penulis Inggris yang telah menerbitkan lebih dari 20 buku populer, dari Matilda hingga Charlie dan Pabrik Coklat, yang telah dibuat menjadi film.

Baca bukunya dulu, baru nonton filmnya

Saat ini banyak buku terkenal yang dibuat menjadi film. Untuk meningkatkan minat baca, Anda bisa membuat aturan untuk membaca buku terlebih dahulu baru kemudian menonton filmnya. Selain Charlie and the Chocolate Factory, ada banyak buku menarik yang telah dibuat menjadi film. Salah satu yang bisa kamu coba adalah Bridge to Terabithia. Film ini didasarkan pada buku dengan nama yang sama dan ditulis pada tahun 1977 oleh Katherine Paterson.

Tunjukkan buku di rumah

Anda juga bisa memajang buku di rumah untuk merangsang minat baca. Jika Anda memiliki banyak buku di rumah, jangan sembunyikan dari pandangan. Pajang buku-buku favorit Anda, mulai dari meja makan, kursi ruang tamu hingga kamar tidur. Dengan begitu banyak buku untuk dibaca di daerah tersebut, kami berharap dapat memicu minat Anda atau anggota keluarga lainnya di rumah untuk membaca.

Pergi ke perpustakaan

Beberapa orang tua mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mengembangkan minat membaca anak? Satu hal yang bisa Anda coba adalah pergi ke perpustakaan bersamanya. Jangan hanya pergi ke mal, sesekali ajak anak ke perpustakaan. Dengan melihat banyaknya judul dan sampul buku yang ada di perpustakaan diharapkan minat baca anak-anak akan tumbuh.