PIALA DUNIA 2018

ASISTEN WASIT PIALA DUNIA 2018 MENGUNDURKAN DIRI KARENA SUAP

Aden Range Marwa
Aden Range Marwa,asal kenya, adalah salah satu asisten wasit piala dunia 2018 yang mengundurkan diri, Diduga menerima suap saat bertugas.

Anas Aremeyaw Anas memberikan bukti rekaman video yang memperlihatkan wasit Aden Range Marwa menerima uang tunai dari seorang penyamar perwakilan asosiasi sepak bola ghana.

Federasi  tertinggi sepak bola dunia (FIFA) membenarkan atas kejadian ini range marwa telah menerima suap dan mengundurkan diri. Namun Range Marwa membantah tuduhan atas suap tersebut ketika  di komfirmasi oleh BBC.

Padahal terlihat jelas dalam video ini Range Marwa dengan seseorang yang memberi suap sedang duduk bersama dalam satu meja di sebuah hotel. dalam video tesebut juga terdengar bahwa Range Marwa menguncapkan terima kasih karena uang ini sangat penting bagi kedua belah pihak.

Mengejutkan lagi seoarang jurnalis bernama Anas Aremeyaw membuat  video dokumenter dengan isi tentang sisi kelam sepak bola afrika selama dua tahun terakhir. terbukti sekitar 110 wasit dan perangkat pertandingan menerima suap.

Bukan hanya itu saja, seorang presiden asosiasi sepak bola Ghana, Kwesi Nyantakyi, juga terbukti menerima suap. padahal Kwesi Nyantakyi adalah tokoh penting dalam perkembangan sepak bola Afrika.

Kwesi Nyantakyi terlihat dalam sebuah video menerima sejumlah uang dalam keperluan kerja sama sponsor. Sama persis dengan Range Marwa, Kwesi Nyantakyi juga enggan memberi komentar terkait hal ini.

Sekarang Kwesi Nyantakyi memang masih menjabat sebagai salah satu komite eksekutif di FIFA. Akan tetapi mendengar hal ini, FIFA  akan melakukan investigasi untuk membuktikan apa tindakan yang di lakukan Kwesi benar dan FIFA juga berkeinginan agar semua bisa bersih  dari tindakan suap.

Dari kejadian ini di buat film dokumenter yang membuat gegerkan warga afirka. dalam penampilam film tersebut Anas tidak memberi identitas aslinya seperti latar belakang dan wajahnya. Anas juga mendapatkan dukungan dari sosial media.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*